APA ITU COPYWRITING?
Guys, copywriting itu bukan sejenis “kita menulis apapun terus kita bisa disebut copywriting”. Dari apa yang aku dapatkan dari pengalaman aku menulis, meski belum lihai dan lama sih, copywriting itu bisa disebut sebagai sebuah kegiatan profesional. Yakni tujuannya untuk branding sebuah brand, berdasar ide. Jadi bukan cuma menulis konten materi, tapi ada nilai yang ingin dicapai. Kebanyakan kegiatan copywriting ini bersinggungan dengan marketing copy, karena tujuannya juga sama, yakni untuk mempengaruhi orang mau beli. Copywriting itu asyik karena ada seninya. Secara sekilas sih begitu.
Banyak sekali sih definisi copywriting kayak gimana, atau harus gimana. Aku juga sering nyari tahu sebenernya apa sih kegiatan menulis ini. Namun dari semua yang aku baca juga hampir sama sih, copywriting masih bersinggungan dengan tujuan marketing untuk meningkatkan penjualan dan melalui copywriting pembeli bisa diyakinkan untuk mengambil tindakan agar ia beli.
GAMBARAN COPYWRITER SAAT DI KANTOR
Sudah tahu kan kalau tugasnya copywriting ya namanya copywriter. Gambaran apa yang aku lakuin pas aku punya kesempatan jadi copywriter yakni,
Pertama, aku masuk kantor seperti orang biasa, kadang telat kadang kecepetan banget. Setelah itu aku setting laptop aku dan langsung masuk ke chrome. Nah setelah itu aku buka Drive, Trello, Gmail, Medium, Blog. Sebenernya sih biasa aja kali ya apa yang aku lakuin, cuma untuk ngasih gambaran aja sih. Aku buka Drive karena waktu nulis apapun aku pakai Google Docs. Selain kalau ada apa-apa tuh tulisan langsung ke save, dan bisa tahu typo yang perlu di benerin. Karen sudah terdeteksi otomatis gitu.
Lalu, aku membuka Trello sebagai apps yang memudahkan untuk melihat tugas tugas aku. Selain Trello ada banyak kok apps lain seperti Asana. Namun aku suka Trello karena lucu ada stikernya dan gifnya.
Setelah cek Drive, dan melihat semua PR di trello, aku sempatkan untuk membaca Medium. di Medium banyak banget tulisan asyik yang cepat dibaca. Setelah itu aku membuka Blog karena aku juga ada tanggung jawab but isi blog perusahaan biar hidup. Semakin banyak baca, semakin gampang buat nulis. Oh iya, copywriting itu juga perlu terinspirasi dari tulisan lain, ga harus original kita dari pemikiran kita sendiri tanpa ada campur tangan lain, namanya juga copy kan?
Kalau sudah membuka Aplikasi di atas, aku sudah mulai bekerja. Misalnya, jam 9 ada tugas mendadak dari marketing untuk buatin Ads Copy, Newsletter, Copy untuk Website, Deskripsi produk, yaudah aku singkirkan dulu tugas yang lain lalu aku fokus ke tugas ini. Misal makan siang ya aku istirahat lalu aku lanjut kegiatan menulis blog, lalu aku membuat sebuah perencanaan satu bulan mau ngeblog apa dari judul dan sumbernya sudah ada. Setelah itu, bisa ngobrol dengan tim berkaitan dengan kebutuhan apa aja. Jadinya sih copywriting disini, kalau aku ya, bukan sebagai tugas nulis aja, tapi harus bisa berpikir kreatif untuk kedepannya kira-kira ada konten apa yang mau diangkat.
Setiap copywriter pasti beda-beda sih, ada yang dari jam 8 sampai jam 5 sore harus buat artikel misal 10 dan ada juga yang bertugas fokus ke media sosial. Meski judulnya Copywriter, tapi akan berbeda definisi dan tugasnya tergantung di perusahaan apa atau mana.
MASIH KULIAH, TAPI BIAR KERJANYA NANTI JADI COPY WRITER
Copywriter tidak melihat jurusan apa sih, tapi melihat pengalaman apakah sesuai dengan kegiatan tulis menulis. Kalau aku sendiri, latar belakang pendidikan adalah komunikasi, jadi ya masih berkaitan banget sama dunia nulis.
Nah, pas kuliah ini yang harus dimanfaatkan. Entah kamu jurusan komunikasi atau bukan, punya blog yang aktif adalah salah satu nilai plus. Soalnya, pas wawancara pernah ditanya, “kamu ngeblog?” nah nanti bisa dijelaskan kamu ngeblognya tentang apa, nulisnya gimana, inspirasi nulisnya dari mana, dll. Intinya sih, Blog itu penting. Apalagi kalau kamu udah biasa ikut lomba blog dan menulis selama kuliah. Soalnya, lumayan banget loh kalau ikut lomba dan punya kesempatan untuk menang.
Selama kuliah, meski ga rajin-rajin amat, aku ngikut lomba menulis baik dari kumparan, universitas lain, penulisan jurnalistik, cerpen, puisi, yang penting ngikut dulu aja, biar ada pengalaman. Lalu magang di perusahaan itu juga butuh sih, magang di bidang copywriter biar tahu seharian copywriter tuh tugasnya ngapain. Jadi pas kerja bisa membandingkan dan lebih lancar aja.
Nah itu sih gambaran dari pengalaman aku, lalu pernah ga sih nanyain bedanya Copywriter sama Content Writer apa? Nah, untuk perbedaan ini aku akan tulis di lain waktu ya. Semoga tulisan ini membantu.
0 Komentar