Landing page biasanya kita temui di website biasa kita berkunjung. Misalnya mau beli di Zalora, nanti kita klik banner, lalu halaman setelah kita klik, itu disebut landing page. Nah tujuannya sih memang sengaja diciptakan untuk keperluan marketing dan kampanye iklan. Selain itu, tujuannya juga jelas dan satu aja, yakni adanya aksi (CTA). Jadi memang pengunjung sengaja diarahkan ke sini (landing page) dengan visual dan atau copy yang menarik. Jadi bisa meningkatkan konversi kampanye namun bisa merendahkan biaya produksi untuk mendukung penjualan. Intinya memang lebih efektif ke biaya.
Karena hampir sama, lalu apa bedanya home page dan landing page?
Homepage biasanya banyak link dari menu dan kategori, sedangkan landing page sangat spesifik yakni satu kampanye atau satu produk tersebut. Jadi orang orang tidak terdistraksi dengan adanya link lain. Jika homepage memberikan pengalaman yang keren dengan banyak info dan pilihan, namun pengunjung belum tentu mengklik untuk beli. Sedangkan landing page, mengubah pengunjung menjadi pelanggan dengan satu klik link untuk membeli. Jadi, bedanya ada pada kekuatannya.
Jenis Landing page
Ternyata landing page memang ada jenisnya. Nah jenisnya tergantung sama bisnisnya, cuma yang perlu kita tahu yaitu:
1. Lead Generation Landing Pages
Lead gen atau lead capture ini ditandai sama halaman yang ada formulirnya gitu. Misalnya kita visit web dan disuruh isi nama, email, dan no hp. Bisanya sih perusahaan B2B yang gede. Contohnya HubSpot.
2. Clickthrough Landing Pages adalah versi yang sederhana dan ringkas. Ada di toko online dan biasanya langsung klik untuk menyelesaikan alur pembayaran.
Sedangkan sumber lalu lintas agar landing page naik yakni,
- Paid Social Traffic lebih hebat karena kita bisa menemukan calon pelanggan tanpa mereka mencari produk kita. Adalah, keyword mengenai apa yang mereka cari relate dengan kita.
- Email Campaign, media yang gampang dan murah untuk pemasaran efektif. Jadi, bisa memberikan penawaran kepada pelanggan dan juga menjaga hubungan baik.
- Organic Search Traffic, yakni yang murni tanpa iklan dan bayaran. Mereka datang dari mesin pencarian dan mengklik web kita.
- Landing Page menjadi senjata ampuh untuk marketing kamu. Karena dalam landing page terdapat CTA yang mempengaruhi pengunjung menjadi pelanggan. Setidaknya, meski web kamu sudah memiliki value yang bagus, tanpa landing page, akan susah untuk meningkatkan konversi. Pengunjung hanya berkunjung saja, dan prospek pembelian akan melayang. Maka, beginilah pentingnya landing page. Memberikan arahan jelas, untuk melakukan tindakan.
CTA
Namun, biar makin tinggi konversi, tujuan CTA harus difokuskan dengan jelas. Ada beberapa tujuan, biasanya yakni
- Meningkatkan penjualan
- Menarik prospek berkualitas tinggi
- Mendapatkan anggota baru
- Mendapatkan langganan
- Konsultasi pemesanan
- Meningkatkan pendaftar
Pentingnya CTA dalam landing page harus kita pelajari. Untuk lebih jelasnya, simak artikel mengenai CTA berikut.
0 Komentar